JASA GROOMING PANGGILAN KE RUMAH ANDA ATAU APARTEMEN ANDA

JASA GROOMING PANGGILAN KE RUMAH ANDA ATAU APARTEMEN ANDA
CALL, SMS, WA, LINE.. LANGSUNG AJA YAA KE : 0877-7237-8098

Cara Memotong Kuku Anjing dan Kucing

Posted by



Cara memotong kuku anjing- Memotong kuku kucing - Tips cara potong kuku anjing dan kucing yang benar. Simak ulasan yg Rizky Pet dapatkan dari pengalaman kami tentang memotong kuku teman kecil anda..

Sebenernya sih potong kuku teman kecil kita itu mudah, asalkan mereka dapat bekerja sama dengan kita, tapi permasalahan nya tidak mudah sampai disitu. Bagian yg paling sensitive pada tubuh mereka salah satu nya berada di telapak kaki mereka, atau mungkin jika kita pernah terlalu dalam memotong kuku mereka hingga pendarahan..
Hal yg paling sering terjadi adalah faktor dari trauma dari kejadian tersebut, jangan harap kita dapat memotong kuku nya lagi kecuali mereka benar-benar mengenal orang yg menyentuh kaki nya.
Biasa nya pendarahan dari kepotong yg terlalu dalam, itu bisa berlangsung lama pendarahan nya tergantung seberapa dalam luka tersebut. Jika darah yg keluar banyak, cepat ambil obat anti septic PK yg berbentuk serbuk, kemudian ambil secuil dan sumbatkan pada luka tersebut.

Proses pemotongan kuku haruslah dikerjakan secara hati-hati di tempat yg cukup terang, dan perhatikan ruas kuku dalam nya.



  • Sisakan kurang lebih 2 mm dengan selaput darah nya, ada juga yang jenis kuku nya berwarna hitam pekat sehingga sulit bagi kita untuk melihat nya (nanti akan kita bahas).
  • Potong dari sisi yg benar, memotong dengan posisi mendatar agar kuku tidak pecah kerena hewan kecil kita dapat juga "cantengan" setelah di potong kuku nya, karena salah dalam posisi pemotongan nya.
  • Jangan memaksa teman kecil kita jika mereka tidak mau di potong kuku nya, karena nanti akan menimbulkan stres pada mereka, lakukanlah secara perlahan dan melalui pendekatan lebih kepada mereka.
  • Lakukan sebelum mandi, hal ini saya anjurkan karena kadang mereka habis mandi ingin langsung bermain.


Memotong kuku yg berwarna hitam pekat proses nya lebih sulit memang, karena jika belum memahami struktur kuku mereka kita dapat melukainya. Kita hanya menebak-nebak batas bagian dalam nya, tetapi jika dilihat dari struktur kuku mereka dapat terlihat dari lengkungan kuku bagian bawah, itulah batasnya..


Coba perhatikan dan pelajari struktur kuku-kuku pada gambar diatas, selalu ada lengkungan pada setiap jenis kuku.


Dan bagaimana jika teman kecil kita sulit diajak untuk memotong kuku-kuku nya ?
Jika kuku mereka masih dalam tahap yg tidak terlalu serius kita dapat mencucinya saja, namun jika sudah terlalu panjang maka akan menusuk kaki mereka sendiri, dan sulit sekali berjalan. Kita baru mengambil tindakan melalui pendekatan dan sedikit rayuan atau mungkin pelukan, jika masih juga tidak berhasil terpaksa harus di bius terlebih dahulu karena jika tidak, mereka akan stres kemudian menggigit kita sendiri.

Sahabat Rizky Pet sudah jelas tentang cara memotong kuku anjing dan kucing ?!
Rizky Pet akan memberikan Tips dan Trik seputar cara merawat/grooming teman kecil anda, untuk berbagi pengalaman kita semua.


Blog, Updated at: 04.59